FASCINATING YOGYAKARTA : DAY 1

 

yogyakarta-day1-1

FINALLY!

Setelah sekian lama saya mengidam-idamkan trip ke Yogyakarta, akhirnya di tahun 2016 ini kesampaian. Bermodalkan :

“Eh, Jogja yuk”

“Ayo, kapan”

“Agustus?”

“Cari tanggal!”

Akhirnya saya benar-benar sampai di Yogyakarta di tengah bulan Agustus. Trip direncanakan memang melewati Senin dan Selasa sehingga saya, Tita, dan Luthfan harus mengambil cuti. Jadi trip kami dimulai dari hari Sabtu, 13 Agustus 2016 dini hari sampai Selasa, 16 Agustus 2016. Tita & Luthfan memang personil awal trip ini, sampai akhirnya di menit terakhir Baby dan Ivan juga nimbrung walaupun mereka hari Senin, 15 Agustus 2016 pagi harus terbang duluan kembali ke Jakarta karena tidak dapat jatah cuti, too bad 😦

Kami berangkat tidak naik kereta atau pesawat. We chose this trip to be a fun road trip (walaupun kebanyakan sih diisi dengan tidur) but it was really a fun experience for me to go on a trip, a little bit far away from home with good friends by car. Untuk urusan patungan, kita sepakat seorang mengeluarkan Rp 325.000 (kecuali Baby & Ivan patungan lebih sedikit karena mereka tidak ikut perjalanan pulang). Uang tersebut untuk keperluan bensin dan tol.

Perjalanan kami dimulai sekitar pukul 00.00 Sabtu, 13 Agustus 2016. Sempat macet di tol Cikampek karena adanya galian. Berhenti di rest area untuk istirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan sampai kurang lebih menghabiskan total 18 jam perjalanan (kami sempat mampir di Magelang karena ada titipan ibunya Tita). Ohya, kami melewati jalur Utara dalam perjalanan pergi ini, melewati Semarang, Magelang, lalu Yogyakarta.

yogyakarta-day1-8

yogyakarta-day1-2
We-fie at the rest area (pardon our sleepy-tired faces)

 

Sebelumnya kami sudah booking kamar di hostel bernama Abrakadabra melalui situs Airbnb, beralamatkan di Jl. Minggiran Baru no. 19 Yogyakarta. It really is a cool place to stay. I love the place, the people, the food, everything! Saya akan menulis post tersendiri untuk mengajak kalian sedikit melihat Abrakadabra. You will love the place the way I do! Sedangkan Baby & Ivan book hostel yang jaraknya sangat dekat dengan Abrakadabra (jalan kurang dari semenit) bernama Kalikala yang juga mempunyai konsep yang unik. Jadi setiap harinya kami sangat mudah untuk janjian bertemu sebelum berangkat 😉

yogyakarta-day1-7
A little peek of Abrakadabra

Hari pertama belum banyak diisi kesana-kesini karena kami pun masih merenggangkan badan dari panjangnya perjalanan. Kami sampai di waktu Maghrib, mandi  & leyeh-leyeh sebentar lalu menuju ke destinasi pertama yaitu Monumen Jogja Kembali atau biasa dikenal dengan Monjali. Saya juga baru tahu tempat ini di akhir pertemuan saat menentukan destinasi. Intinya kalau di malam hari adalah sebagai Taman Lampion, tempat dimana banyak instalasi lampu-lampu dengan bentuk yang bermacam-macam. Ditengahnya terdapat bangunan Monumen.

yogyakarta-day1-6

(Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Monument_Yogya_Kembali)

Untuk mengenang peristiwa sejarah perjuangan bangsa, pada tanggal 29 Juni 1985 dibangun Monumen Yogya Kembali (Monjali)…Monumen yang terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman ini berbentuk gunung, yang menjadi perlambang kesuburan juga mempunyai makna melestarikan budaya nenek moyang pra sejarah…Nama Monumen Yogya Kembali merupakan perlambang berfungsinya kembali Pemerintahan Republik Indonesia dan sebagai tetengger sejarah ditarik mundurnya tentara Belanda dari Ibukota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta. (https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/pilgrimage-sites/monjali/)

Tiket masuknya seharga Rp 20.000 per orang (berlaku Jumat-Minggu/hari libur) plus parkir mobil kalau tidak salah Rp 5.000.

 

yogyakarta-day1-3yogyakarta-day1-5

Sehabis dari Monjali kami berencana makan malam di Gudeg Yu Djum, namun ternyata sudah tutup. Muter sana-sini hampir semua tempat makan sudah tutup (memang salahnya sudah malam juga). Berakhir makan malam di seafood tenda pinggir jalan (yang di Jakarta juga banyak haha) ditemani hujan deras. Yang penting perut kenyang lanjut istirahat untuk destinasi hari kedua yang adalah pantai-pantai di daerah Gunung Kidul.

What a tiring yet fun first day in Yogyakarta. Kesan pertama: Nggak ada macet, bahagia!

to be continue..

p.s. Dirgahayu Republik Indonesia ke 71!

Xx, Wulan

sign2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s